Wednesday, March 2, 2011

Fungsi Help Desk

Fungsi lain pada bagian operasional yang juga penting adalah help desk. Selain itu membantu pemakai akhir untuk mengenai hardware dan software, sering kali dibangun fungsi dukungan teknis (technical support) untuk membantu users:

  • Menyediakan hardware/software bagi users, atau membantu menyelesaikan masalah hardware maupun software pemakai akhir.

  • Memberikan pelatihan pemakaian hardware, software dan database, dan aplikasi kepada pemakai akhir.

  • Menjawab pertanyaan pemakai akhir.

  • Memonitor perkembangan teknologi dan memberikan informasi teknis kepada pemakai akhir tentang perkembangan tersebut.

  • Menentukan sumber masalah dan cara penyelesaiannya.

  • Memberikan informasi kepada pemakai akhir tentang masalah hardware dan software atau databaseyang akan berdampak pada pekerjaan mereka.

  • Mengawasi upgrade hardware dan software.

  • Melakukan perubahan terus menerus untuk mencapai efisiensi yang lebih baik.

Sumber: Gondodiyoto, Sanyoto, Audit Sistem Informasi dan Pendekatan COBIT, Mitra Wacana Media, 2007.

0 komentar: